Kegunaan Solder Uap Bebas Timah Yang Menggunakan Perak

Seperti yang biasa kita tahu, solder uap yang kita beli memiliki mata solder berbahan dasar timah. Dari jenis-jenis solder yang kita temukan pada website belanja online, kita tahu bahwa solder ini terdiri dari dua jenis di antaranya solder dengan mata perpaduan timah-tembaga dan perak.  Jenis yang lain adalah mata solder dengan percampuran timah dan tembaga.

Lalu, apa kegunaan dari solder jenis ini? Yuk, kita simak bersama-sama apa saja kegunaan dari solder bebas timah ini!

Paduan Atau Mata Solder Yang Bersifat Konduktor Baik

Solder yang memiliki paduan perak ini biasanya memiliki sifat konduktor yang lebih baik. Perak memiliki kandungan yang lebih tahan panas daripada timah. Selain itu, solder uap yang memiliki paduan perak juga tidak rentan saat terjadinya korosi. Jadi, solder jenis ini memang memiliki paduan dengan bahan yang bagus dan tahan lama.

Tidak hanya menjadi konduktor yang baik, paduan dengan bahan perak dapat mempertahankan arus tinggi tanpa proses pemanasan dengan sendirinya.

Lokasi Paduan Perak Yang Terdapat Pada Solder

Komponen solder uap jenis ini diletakkan di bantalan yang pada solder. Solder jenis ini memang dapat menyerap sebagian lapisan dari perak yang ada di paduan. Jadi, solder yang memiliki paduan perak biasanya juga dapat menyebabkan kerusakan. Namun terlepas dari semua itu memang tergantung kualitas solder dan perawatannya.

Solder Perak Memiliki Kekuatan Yang Lebih Awet

Pada umumnya, solder uap perak memang memiliki tingkat panas yang tahan lama karena bahan perak memiliki titik leleh yang cukup tinggi. Kegunaan inilah yang membuat solder ini lebih mudah dalam proses pengerjaannya. Dalam menyabungkan komponen, solder jenis perak ini mampu merekatkan bagian semua komponen dangan kuat dan tahan lama.

Namun, tidak semuanya rangkaian solder disambungkan dengan kekuatan listrik. Ada juga solder yang dikaitkan dengan sambungan mekanis, contohnya pipa dengan bahan stainless steel.

Keunggulan Solder Dengan Bahan Perak

Dari informasi lengkap yang sudah dituliskan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa solder uap  memiliki beberapa keunggulan di antaranya:

  • Memiliki temperatur dan titik leleh yang sangat tinggi sehingga bisa digunakan dengan sistem kerja yang baik.
  • Memiliki ikatan yang lebih awet dan kuat. Hal ini membuat solder perak memiliki sambungan yang bisa lebih diandalkan.
  • Lebih tahan terhadap permasalahan siklus termal.
  • Seperti yang kita tahu bahwa solder timah terkadang lebih kotor, sedangkan solder perak mengurangi risiko noda atau sering juga disebut sebagai munculnya kumis timah.

Kelemahan Solder Perak

Selain keunggulan, tentunya solder ini juga memiliki kelemahan dalam penggunaannya yang disebutkan antara lainnya:

  • Terbentuknya jerawat yang muncul di permukaan solder. Inilah yang biasanya disebut dengan gritiness. Dengan adanya perak yang banyak pada logam solder, maka dapat memicu antar-logam.
  • Munculnya proses fabrikasi yang tinggi karena memiliki titik leleh yang sangat tinggi juga.
  • Kesulitan dalam melakukan pengerjaan ulang dapat terjadi karena memilii suhu yang sangat tinggi.
  • Karena solder uap memiliki ikatan yang lebih kuat maka salah satu kelemahannya juga mudah rapuh jika menemukan suatu kondisi dimana rangkaian memiliki kekuatan yang lebih rendah. Kondisi ini biasanya memiliki ikatan Modulus Young dengan tekanan lebih tinggi.
  • Karena mengandung bahan perak, solder jenis ini tentunya lebih mahal.

Dari informasi di atas, kita mengetahui bahwa solder jenis perak ini memiliki keunggulan dan kelebihan yang bisa kita pertimbangkan sebelum membeli solder uap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *